Skip to main content

Memilih Batu Bacan Asli


Ketenaran batu Bacan diperkirakan berawal pada tahun 2010 dimana saat itu Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono disebut-sebut memberikan sebuah batu berwarna hijau kepada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama sebagai cinderamata.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa sebenarnya batu berwarna hijau tersebut adalah batu giok Garut yang memiliki kemiripan dengan batu giok Tiongkok. Namun sentimen pasar mampu menggiring opini jika batu tersebut merupakan batu Bacan yang disinyalir memiliki harga yang fantastis, yaitu bernilai hingga 3 milyar rupiah.

Isu positif yang dihembuskan terhadap batu Bacan akhirnya mampu mendongkrak harga jual batu Bacan yang semula berkisar di angka ratusan ribu, kini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Hal ini pula yang akhirnya membuat batu Bacan khas dari Maluku tersebut diminati bukan hanya dari pasar lokal, akan tetapi juga dari mancanegara.

Bagi orang yang belum kenal betul karakteristik batu bacan pasti akan sangat mudah terkecoh dengan batu bacan palsu karena bentuk, warna serta coraknya nyaris mirip dengan yang asli. Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja ciri khas dari batu bacan asli dan bagaimana proses pengujiannya hingga kita yakin bahwa batu yang akan dibeli adalah yang asli.

Ada beberapa metode dan cara untuk menguji atau mengetahui ciri-ciri batu Bacan yang asli diantaranya adalah :

1. Mampu menggores kaca
Hampir sama dengan cara membedakan batu akik dan batu mulia asli yaitu apabila digesekkan ke sebuah kaca maka kaca tersebut akan tergores. Hal ini disebabkan karena tekstur batu yang jauh lebih keras dibanding kaca hingga mampu membuat kaca tergores.

2. Berserat
Jika ada istilah tak ada gading yang tak retak, maka begitu pun halnya dengan batu. Semua batu pasti memiliki serat meskipun sangat halus. Jadi apabila ada batu yang benar-benar mulus tanpa serat, maka justru malah dipertanyakan keasliannya.

4. Perangkat layar sentuh
Pembuktian dengan perangkat komunikasi layar sentuh/touchscreen (ponsel, iPad dan sebagainya) kerap menjadi salah satu jenis cara alternatif yang sering dipakai untuk mengetes keaslian dari batu Bacan. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan alasan mengapa batu Bacan bisa mengoperasikan perangkat layar sentuh, namun sebagian orang percaya bahwa kandungan mineral serta medan magnet yang terdapat pada batu Bacan menjadi salah satu faktor pemicunya. Untuk saat ini, pembuktian ini hanya berhasil dilakukan pada batu Bacan saja.

3. Bersertifikat
Sebagian batu Bacan yang asli kini telah dilengkapi dengan sertifikat. Namun biasanya batu bacan yang bersertifikat memiliki harga yang lebih mahal daripada yang tidak bersertifikat.

4. Gemolog

Untuk batu bacan yang tidak bersertifikat, Anda bisa cek keasliannya dengan cara meminta bantuan kepada gemolog atau pakar batu mulia.

Comments

Popular posts from this blog

Mencari Batu Akik Dalam Tanah/Pegunungan

Untuk mencari batu alam khususnya batu akik di dalam tanah tidaklah gampang, berikut ini saya akan memberikan tips dan trick bagaimana cara mencari batu akik atau batu alam dari dalam tanah agar hasil yang di dapat sangat banyak.

Cara Mengkristalkan Batu Secara Alami

Bongkahan batu, untuk bisa diproses menjadi sebuah cincin atau perhiasan sejenis harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pemotongan batu, pembentukan serta tahap memoles untuk kemudian batu dipasangkan pada ikatan batu baik dari bahan perak, aloy, titanium, baja putih maupun emas.

Mengenal Batu Biosolar Asal Aceh

Mineral adalah suatu zat yang terdapat di alam baik itu di gunung, di sungai, di laut maupun di dalam endapan tanah merupakan komposisi kimia yang khas sehingga membentuk struktur Khas Kristal yang unik nan indah. terkadang dapat menjelma dalam bentuk-bentuk dan ciri-ciri tertentu, ada yang membentuk wujudnya menjadi batu permata atau batu mulia.