Skip to main content

Memilih Batu Ruby Asli

Batu ruby atau dikenal sebagai batu merah delima. Ia banyak dikenal karena warna merahnya yang yang dipercaya oleh sebagian orang sebagai lambang kekuasaan, kewibawaan serta perasaan cinta. Ciri-ciri batu ruby star asli dapat dilihat dari warna merahnya yang menawan. Batu ruby, selain dikenal sebagai batu merah delima juga dikenal sebagai ratnaraj yang berasal dari bahasa sansekerta yang artinya raja dari batu permata.

Selain itu, kata ruby berasal dari bahasa latin yang berarti merah. Batu ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batu mulia lainnya, seperti safir, diamond dan batu emerald

Mengenal Batu Ruby dan Ciri-cirinya


Untuk mengenali batu ruby asli perlu juga diketahui tentang adanya istilah batu imitasi, sintetis ,dan natural. Istilah-istilah ini merujuk pada istilah yang digunakan di pasar batu permata.
Batu ruby natural merupakan batu permata yang alami yang dibentuk oleh alam. Batu ini didapat dari alam secara alami lalu dibentuk menjadi batu permata yang indah serta memiliki nilai tinggi.

Batu sintesis merupakan batu permata yang diproses di dalam laboratorium yang bahan-bahan materialnya juga terbuat dari bahan yang sama dengan batu natural. Karakteristik maupun berat jenis dari batu sintetis sama dengan batu natural. Namun ada juga bahan batu sintetis yang berasal dari batu natural namun dalam pengerjaannya kurang bagus. Maka ia bisa dilebur kembali lalu dipadatkan untuk mendapatkan batu permata yang lebih bagus.

Selain ada jenis batu natural dan sintesis ada juga batu imitasi. Batu ini sangat berbeda dengan kedua jenis batu tadi. Karena ia berasal dari bahan plastik dan bukan dari batu asli. Ia meniru warna serta bentuk fisik dari batu natural dan sintetis.

Untuk membedakan batu ruby asli, sintesis dan imitasi tersebut bisa dilihat dari fisiknya. Serat-serat dalam batu permata asli merupakan ciri-ciri batu ruby star asli. Dari serat-serat tersebut dapat diketahui bahwa batu tersebut asli. Karena pada batu permata asli kebanyakan ditemukan serat dan jarang ditemukan batu yang bersih tanpa serat.

Comments

Popular posts from this blog

Mencari Batu Akik Dalam Tanah/Pegunungan

Untuk mencari batu alam khususnya batu akik di dalam tanah tidaklah gampang, berikut ini saya akan memberikan tips dan trick bagaimana cara mencari batu akik atau batu alam dari dalam tanah agar hasil yang di dapat sangat banyak.

Cara Mengkristalkan Batu Secara Alami

Bongkahan batu, untuk bisa diproses menjadi sebuah cincin atau perhiasan sejenis harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pemotongan batu, pembentukan serta tahap memoles untuk kemudian batu dipasangkan pada ikatan batu baik dari bahan perak, aloy, titanium, baja putih maupun emas.

Mengenal Batu Biosolar Asal Aceh

Mineral adalah suatu zat yang terdapat di alam baik itu di gunung, di sungai, di laut maupun di dalam endapan tanah merupakan komposisi kimia yang khas sehingga membentuk struktur Khas Kristal yang unik nan indah. terkadang dapat menjelma dalam bentuk-bentuk dan ciri-ciri tertentu, ada yang membentuk wujudnya menjadi batu permata atau batu mulia.